Henry's Crime

Sobekan tiket bioskop tertanggal 18 Januari 2011 adalah Henry's Crime. Ditengah gempuran film-film yang dinominasikan di Golden Globes 2011, membuat gue ingin menonton film "biasa" yang bahkan hampir tidak terdengar gemanya. Pilihan gue jatuh pada film ini, dan beruntung gue menemukan nama Keanu Reeves dan Vera Farmiga di dalam castingnya yang makin membuat gue ingin nonton film ini.

Henry, seorang pria biasa harus mendekam di penjara karena dituduh merampok bank padahal dia tidak melakukannya. Selepas dari penjara, ia malah menjadi berniat untuk merampok bank yang sama. Sepanjang persiapan, ia dibantu oleh temannya semasa di penjara, Max. Satu waktu, Henry bertemu dengan wanita yang hampir menabraknya, Julie, dan kehadirannya memberikan pengaruh signifikan dalam usaha Henry dan Max untuk merampok bank.

Jujur, judul film ini termasuk salah satu judul film yang tricky dan multi-interpretasi. Sayangnya, gue menginterpretasikan judul ini sebagai judul film kriminal perampokan bank macam Ocean's Eleven. Mirip kan, sama-sama memakai nama karakter utamanya. Tapi yah, memang film ini menceritakan usaha Henry dan kawan-kawan untuk merampok bank. Namun ternyata perampokan bank itu hanyalah sebagai kulit kacangnya saja, masih ada hal yang lebih besar daripada itu. Walaupun hal yang lebih besar itu bukan lagu baru di dunia perfilman.


Gue cukup senang melihat kembalinya Reeves ke layar lebar sebagai pemeran utama semenjak The Day the Earth Stood Still tahun 2008 yang lalu. Gue masih ingat betapa terpukaunya gue akan penampilan dia di trilogi The Matrix. Berbekal pengalamannya di film drama-romantis The Lake House, dia tampil baik dalam film ini ketika harus membangun chemistry dengan Vera Farmiga. Tapi untuk gue ada yang mengganjal dengan karakter yang dia perankan dalam film ini. Okelah cerita dalam film ini ditambah satu detil menggambarkan betapa baik hatinya karakter Henry. Namun kurang masuk diakal bahwa kebaikan Henry yang menurut gue kelewat batas dan sangat sulit untuk menempatkan karakter tersebut di dunia nyata.
gambar diambil dari sini
Tapi mungkin hal tersebut juga dipengaruhi oleh naskah yang, terbilang lemah. Terlalu banyak hal kebetulan yang sangat "Hollywood" sekali, yang sulit untuk membuat penonton percaya dengan apa yang sedang terjadi pada layar lebar.

Diluar itu semua, film ini bisa menyelipkan makna yang menurut gue cukup bisa diaplikasikan dalam hidup. Tentang memiliki sebuah mimpi dan bagaimana kita telah melakukan suatu kejahatan jika kita melupakan atau tidak melakukan apa yang sudah menjadi mimpi kita.
gambar diambil dari sini
Rating?
6 dari 10

Komentar